Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

FENOMENA BUNUH DIRI ARTIS KOREA


Di balik hingar-bingar dunia KPop yang gemerlap, ada sisi hitam yang mencuri perhatian. Yaitu, selebriti yang bunuh diri jumlahnya sangat banyak dan selalu ada tiap tahunnya.
Menurut BBC, kasus bunuh diri menimpa orang di Korea berusia sekitar 20 sampai 30 tahun. Percaya tak percaya, dari daftar yang dirilis World Health Organization, Korea Selatan ada di posisi nomor dua untuk negara yang paling banyak kasus bunuh diri. Jepang ‘hanya’ berada di posisi tujuh.
Sepanjang tahun 2010 dan 2011, selebriti yang bunuh diri di antaranya aktor Choi Jin Shil, bintang ‘Winter Sonata’ Park Yong Ha, mantan personel girlband SSEN Lee Hye Rin, aktris Park Hye Sang, sampai mantan personel SG Wannabe Chae Dong Ha. Daftar itu tak berhenti sampai di situ, masih ada beberapa nama yang menghiasi layar kaca di Korea memutuskan mengakhiri hidup.
Alasan mereka beragam. Namun, rata-rata depresi karena pekerjaan sebagai selebriti yang tak sesuai seperti yang diharapkan sampai honor yang tak kunjung dibayar.
Dalam tesis berjudul ‘Studies on Depression and Suicidal Urges Among Actors’ karya aktris Park Jin Hee dari Universitas Yonsei, Korea dijelaskan bahwa dari 260 aktor yang ia wawancara, sekitar 40% di antaranya menderita depresi berat dan pernah punya pikiran untuk bunuh diri.
Meski kebanyakan terjadi pada selebriti yang kurang populer, keinginan bunuh diri juga ternyata datang dari selebriti papan atas seperti leader Wonder Girls Sunye dan bahkan bintang kelas dunia Rain.




0 komentar: